Tutorial Membuat Kotak Sederhana dari Kertas Origami

14kotakKotak yang dibuat dari kertas lipat origami menarik karena kesederhanaan fungsinya. Anda hanya perlu selembar kertas persegi untuk membuatnya. Kotak ini dapat digunakan untuk menyimpan benda-benda kecil. Dua buah kotak dapat digunakan untuk membungkus hadiah kecil; satu untuk kotak dan satu lagi untuk tutup. Untuk tutorial kali ini Anda hanya membutuhkan selembar kertas origami.

Berikut langkah – langkahnya:

Metode 1: Membuat Lipatan Struktur

1kotakMulailah dengan selembar kertas persegi. Pada kertas origami atau kertas apa pun, lipat setiap bagian kertas secara diagonal dari sudut ke tepi yang berlawanan, dan rapikan bagian yang berlebih.

2kotak

Lipat kertas menjadi dua. Tekan lipatan kertas dengan jari. Buka kertas.

3kotak

Lipat kertas menjadi dua di arah yang lain. Gunakan jari untuk menekan lipatan, lalu buka kertas kembali. Kini Anda memiliki dua lipatan yang berpotongan di tengah persegi.

4kotak

Lipat sudut kertas ke arah tengah. Bawa masing-masing ke tengah hingga semua titiknya akan menyentuh. Tekan lipatan kertas dengan jari. Putar kertas agar posisinya tepat di hadapan, namun jangan buka lipatannya.

5kotak

Lipat tepi atas dan bawah ke bagian tengah kertas. Tekan lipatannya dengan jari, lalu buka lipatannya. Segitiga harus tetap berada di tempat.

6kotak

Buka lipatan segitiga atas dan bawah. Biarkan sisi segitiga tetap terlipat.

7kotak

Lipat tepi yang panjang ke arah tengah. Kini Anda memiliki bentuk seperti dasi dua arah.

Metode 2: Membuat Dinding Kotak

8kotak

Angkat satu ujung hingga berdiri pada lipatan. Dengan kata lain, Lipatlah sekitar 2,5 cm dari bawah salah satu ujung segitiga. Angkat kertas dan tekan lipatannya sehingga dapat berdiri. Kita sebut bagian ini “kepala” kotak.

9kotak

Buka sisi kiri kotak. Pegang kepala kotak dengan satu tangan sambil membuka tepi kiri yang terlipat. Bagian ini kini menjadi “dinding” kotak. Lipat di ujung dinding sehingga sesuai dengan kepala kotak dan menciptakan sudut yang ketat.

10kotak

Buka sisi kanan kotak. Pegang kepala kotak dengan satu tangan dan buka tepi kanan. Ini adalah tembok kotak baru. Lipat di ujung dinding sehingga sesuai dengan kepala kotak dan menciptakan sudut lain.

11kotak

Angkat ujung runcing yang berlawanan. Ujung runcing lainnya akan menjadi dinding yang berlawanan dengan kepala kotak. Kita sebut bagian ini “kaki” kotak.

12kotak

Buatlah dua sudut berlawanan dengan kaki kotak. Lipat di ujung dinding kanan dan kiri berlawanan dengan kaki kotak untuk membuat dua sudut akhir.

13kotak

Lipat sisa kertas ke dalam kotak. Sisa kertas segitiga di kepala dan kaki kotak harus dilipat ke bagian bawah kotak, dengan lipatan berlawanan dengan sisinya, agar kotak tidak goyah.

14kotak

Dan kotak pun sudah selesai dibentuk. Sederhana bukan..??

Selamat mencoba.. ^.^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s