Membuat Hiasan Kado Bintang

Ide kreatif memang dimiliki oleh setiap orang jika ingin membuat sebuah karya termasuk halnya dengan karya seni. Karya seni pun tidak harus mahal dalam pembuatannya karena dengan kertas yang mungkin tidak digunakan bisa menjadi karya seni yang menarik dan tidak kalah dengan karya seni yang mahal.

Seperti halnya kertas karton, jika tidak digunakan tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk membuangnya. Namun tunggu dulu, jika Anda memilih lebih baik memanfaatkan kertas karton sisa ini menjadi sesuatu yang menarik, sebaiknya Anda dapat mencoba membuat bintang seperti berikut ini. Karena dapat digunakan sebagai pajangan ataupun hiasan kado misalnya.

Sebelum memulai pembuatan karya seni, ada kalanya kita harus mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan seperti:

· Kertas karton yang berukuran 30 x 30 cm (warna karton bebas, yang digunakan disini ialah karton keemasan.)
· Lem (bisa menggunakan lem kertas namun jika ingin mendapatkan hasil yang baik, gunakan lem panas.)
· Gunting

Jika sudah, kita bisa melihat cara pembuatannya berikut ini.


1. Buatlah beberapa kertas yang telah dipotong dengan lebar 1,5 cm dan dibuat hingga mencapai 20 lembar kertas yang telah dipotong-potong. Untuk pemotongan bisa menggunakan gunting apabila tidak memiliki mesin potong manual. Buatlah tanda untuk membuat ukuran sekitar 1.5 cm yang bisa dibagi hingga 20 potong.


2. Jika sudah membuat kertas yang dibagi menjadi 20 potong, sekarang anyam seperti pada gambar berikut. Buatlah 5 potong karton secara vertikal dan sepotong kertas yang dianyam secara horizontal. Hal ini akan membuatnya sebagai titik tengah dari pembuatan bintang ini, beri lem apabila ukurannya sudah tepat dengan sisi yang lain.


3. Jika sudah, tambahkan kembali kertas karton dan dianyam secara horizontal seperti pada gambar berikut. Buat sekitar 5 potong mengarah ke sisi horizontal kemudian tidak lupa untuk merekatkan dengan menggunakan lem.


4. Kemudian perhatikan pada langkah berikut. Anyam ujung kertas pada sisi horizontal dan vertikal seperti pada gambar sampai 5×5. Jika sudah, satukan ujung vertikal dengan ujung horizontal sehingga mencapai panjang 10 cm.


5. Pada setiap sudut anyaman, ambil 2 potong sudut yang berbeda arah dan gabungan dengan sudut yang satunnya. Buatlah kembali pada potongan kedia namun dalam satu jalur anyaman. Maka hasilnya akan bisa dilihat pada gambar berikut. Maka anyaman akan menyisakan bentuk seperti pada gambar berikut.


6. Jika sudah terbentuk seperti pada langkah sebelumnya, sekarang buatlah kembali untuk tambahannya. Ulangi langkah – langkahnya hingga menjadi anyaman seperti pada langkan nomor 5.


7. Jika sudah, satukan anyaman satu dengan lainnya. Satukan seperti pada gambar berikut hingga akan membentuk bintang delapan. Caranya, tindih salah satu anyaman dengan meletakan anyaman yang setengah jadi mengarah pada bagian bawah sehingga pada bagian atas akan terlihat sisi belakang anyaman.


8. Jika Anda menyatukan anyaman sehingga akan membetuk bintang berkaki delapan, maka perhatikan pada anyaman yang belum dianyam. Anyamlah pada posisi berseberangan dengan menggunakan lem pada potongan yang belum dianyam. Untuk caranya bisa dilihat di gambar berikut.

Referensi : http://www.kesekolah.com/tutorial/lain-lain/membuat-bintang-keren-dari-kertas-karton.html

 

Tinggalkan komentar